Minggu, 24 November 2013

Mendirikan Usaha Catering Rumahan



Nama : Wiwik Dyah Kurniawati
NPM : 28210569
Kelas : 4 EB 20
Tulisan Ke-5


Mendirikan Usaha Catering Rumahan

Kesibukan dan ingin praktis. Itulah yang mendorong masyarakat modern menyerahkan urusan dapur kepada orang lain (catering). Bukan hanya saat acara pesta, bahkan untuk menu sehari-hari. Usaha katering merupakan usaha yang popular di bidang boga. Di setiap kesempatan dan momen kita sering menjumpai aneka makanan enak yang disajikan dengan menarik oleh pengusaha katering. Usaha Catering Box merupakan usaha yang cocok bagi saya yang suka memasak dan ingin mempunyai usaha sendiri. Ada macam-macam tingkatan dalam usaha ini. Usaha katering tingat rumahan adalah usaha jasa boga yang melayani pesanan sampai dengan seratus orang. Sebagai pemula yang mengerjakan usaha ini sendiri saya mulai melayani pesanan secara bertahap. Bisnis katering merupakan salah satu bisnis rumahan yang paling menguntungkan dengan potensi ekspansi dan pertumbuhan yang tinggi. Ini sangat baik secara finansial dan menyenangkan. Setiap melayani event apakah itu pesta ulang tahun, makan malam, atau resepsi penikahan memberikan pengalaman baru dan tantangan dengan sekelompok orang yang baru. Bisnis katering membutuhkan stamina ekstra, kemampuan bekerja di bawah tekanan, dan keterampilan interpersonal yang sangat baik. Keberhasilan dalam bisnis ini akan sangat tergantung pada reputasi. Guna membangun reputasi yang baik dalam bisnis, harus bersedia bekerja keras dan kemampuan bekerja di bawah tekanan. Perlu disadari bahwa usaha makanan tak akan pernah mati, ini yang melatar belakangi sikap para pelaku bisnis catering sebelum mereka memutuskan untuk memilih bisnis ini.

Apabila kita ingin menjadi pengusaha atau ingin membuka usaha baik jasa, dagang, maupun manufaktur sangat perlu memperhatikan konsep dalam pelaksanaan marketing atau biasa disebut marketing plan sebagai langkah awal untuk mecapai kesuksessan dan keberhasilan didalam usaha yang sedang kita jalani. Tanpa memperhatikan marketing plan maka usaha yang kita jalani akan tidak berjalan sesuai dengan yang kita harapkan yaitu pastinya memperoleh keuntungan. 5 konsep dalam pelaksanaan marketing/marketing plan yaitu terdiri dari konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep marketing, dan konsep sosial, yang masing-masing konsep tersebut mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjalankan usaha. Dalam usaha catering rumahan yang ini yang paling utama harus diperhatikan adalah kepuasan konsumen, pelayanan kepada konsumen, menjaga citarasa masakan, menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tidak mengandung pewarna berbahaya, dan melakukan promosi dengan meggunakan brosur, dari mulu ke mulut, dan kartu nama usaha catering rumahan kami. 

Sumber :
http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-mikro/tips-dan-cara-memulai-usaha-katering-dari-rumah
Opini : 

Hadapi Persaingan Globalisasi dari Informasi & Teknogi



Nama : Wiwik Dyah Kurniawati
NPM : 28210569
Kelas : 4 EB 20
Tulisan Ke-4


Hadapi Persaingan Globalisasi dari Informasi & Teknogi

Pekan Informasi Nasional (PIN) digelar Kementerian Komonikasi dan Informatika (Kominfo) di Medan, Sumatera Utara, 24-28 Mei 2013. PIN ini sebagai puncak peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-105 yang bertemakan, 'Dengan Semangat Nasional Kita Wujudkan Demokrasi Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Menuju Indonesia Yang Maju dan Modern Dalam Bingkai NKRI'. Adapun kegiatan PIN 2013 ini meliputi, sarasehan kelompok informasi masyarakat, kelompok pertunjukan rakyat dan bimbingan teknologi Bakohumas Wilayah Barat.

Kirab budaya nusantara, festival budaya nusantara dan kuliner, pameran produk teknologi informasi dan komunikasi serta pos dan telekomunikasi. Lomba marching band, pagelaran seni tradisional. Peluncuran Spot area Wifi. Rencanannya, Kota Medan akan dibuatkan kurang lebih 10.000 titik WIFI.

Pagelaran ini sebagai upaya untuk mengintegrasikan dan mensinergikan satuan kerja Kementerian Kominfo dalam mengedukasi masyarakat untuk menilai sejauh mana pengembangan tata informasi nasional.

Menteri Komunikasi Informatika Tifatul Sembiring dalam pembukaanya mengungkapkan, melalui kegiatan PIN 2013 ini kita dapat lebih mensinergikan seluruh program pembangunan pemerintah dalam rangka membangun Tata Informasi Nasional menuju masyarakat Indonesia yang informatif dan sejahtera. Tentunya pembangunan bidang teknologi informasi dan komunikasi yang semuanya diarahkan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peran masyarakat tentu sangatlah penting dalam menghidupkan dan mewujudkan masyarakat informasi untuk menghadapi globalisasi. Dalam hal ini masyarakat haruslah menjadi pelaku pembangunan itu sendiri melalui pembangunan serta pengembangan kompetensinya dalam memanfaatkan informasi dan teknologi.

Lebih lanjut, Tifatul mengatakan, pemerintah akan memberikan fasilitas berupa pembangunan infrastruktur, Desa Dering, Desa Pintar atau Desa Punya Internet dan PLIK, M-PLIK, radio komunikasi, dan jaringan Palapa Ring.

Semua itu akan membawa dampak maksimal apabila masyarakat memiliki kesiapan dan kemampuan untuk memanfaatkannya. Maka itu, kata dia, perlu dilakukan sinergi dan koordinasi secara terus menerus, khususnya dengan unsur pemerintah daerah dalam mempersiapkan masyarakat memasuki masyarakat informasi di seluruh pelosok wilayah nusantara secara merata.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Kominfo RI, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, anggota DPR RI Ramadhan Pohan, Muspida dan jajarannya, serta  beberapa delegasi dari beberapa provinsi seluruh indonesia dan negara tetangga Malaysia dan Brunai Darussalam serta perwakilan unsur dinas Kominfo seluruh Indonesia.



Sumber :




Opini:

Cara Menjalankan Diet OCD ala Deddy Corbuzier



Nama : Wiwik Dyah Kurniawati
NPM : 28210569
Kelas : 4 EB 20
Tulisan Ke-3

Cara Menjalankan Diet OCD ala Deddy Corbuzier


Jendela makan ini adalah kegiatan yang harus dilakukan seperti kita melakukuan puasa yaitu pengaturan jam-jam kita boleh makan, tapi Kawan Kapsul masih bisa makan apa pun yang dikehendaki. Maksudnya puasa disini adalah tidak makan kalori apapun ketika sedang melakukan program ini. Kawan Kapsul juga tidak diperkenankan untuk sarapan di pagi hari, tidak boleh mengkonsumsi buah, susu dan lainnya selama berpuasa. Kawan kapsul diperbolehkan minum air putih, teh atau makanan apa pun syaratnya adalah tidak mengandung banyak kalori. Ini harus dipatuhi oleh Kawan Kapsul yang ingin melakukan diet OCD, karena jika melanggar peraturan tersebut maka program diet akan gagal.


Jendela makan dalam teknik OCD ada 4 jenis. Berikut ini adalah jenis jendela makan yang terdapat dalam diet OCD:


1. Puasa selama 16 jam, waktu untuk makan 8 jam

Maksudnya adalah Kawan Kapsul harus berpuasa ala OCD selama 16 jam. Namun pada saat tiba waktu untuk makan Kawan Kapsul boleh makan sebanyak tiga kali, tapi harus dalam porsi normal. Misalkan Kawan Kapsul memulai jendela makan dari jam 12 siang sampai 8 malam, selama 8 jam tersebut Kawan Kapsul diperbolehkan makan apapun, namun setelah jam 8 malam hingga jam 12 siang keesokan harinya Kawan Kapsul harus berpuasa. Tetapi seperti yang dijelaskan sebelumnya, Kawan Kapsul masih boleh mengonsumsi air putih, the manis.



2. Puasa selama 18 jam, waktu untuk makan 6 jam

Untuk program OCD yang ke dua ini Kawan Kapsul harus menahan lapar selama 18 jam dan diberikan waktu makan selama 6 jam. Misalkan Kawan Kapsul memulai puasa pada jam 6 sore, makan baru boleh makan pada pukul 12 siang keesokan harinya.



3. Puasa selama 20 jam, waktu untuk makan 4 jam

Ketika Kawan Kapsul memutuskan menggunakan jendela makan ini, maka waktu yang diberikan untuk makan semakin berkurang. Misalnya Kawan Kapsul memulai puasa pada pukul 6 sore, maka Kawan Kapsul baru boleh menyantap hidangan kembali saat waktu menujukkan pukul 2 siang keesokan harinya.



4. Puasa Selama 24 jam

Mungkin ini adalah program OCD yang paling berat. Kawan Kapsul hanya diperbolehkan makan 1 kali sehari. Misalnya Kawan Kapsul mulai puasa pada pukul 12 siang, maka hanya boleh makan kembali pada pukul 12 siang besok harinya. Ketika tiba waktu makan sebaiknya makanlah sewajarnya. Dan disarankan untuk melakukan puasa 24 jam ini sebanyak 2 kali dalam seminggu, jangan lebih dari itu. Jika puasa 24 jam terpenuhi sebanyak dua kali dalam seminggu, kembalilah ke jendela makan puasa selama 20 jam dan waktu makan 4 jam.



Untuk Kawan Kapsul yang ingin mencoba program diet OCD ini sebaiknya memulai dengan jendela makan yang paling ringan. Jika dirasa mampu untuk menambah waktu puasa, baru lah lakukan secara bertahap. Hasil yang didapatkan dari Diet OCD ala Deddy Corbuzier ini akan terasa dalam waktu paling lama dua bulan, namun semua itu tergantung dari pribadi masing-masing orang yang menjalankannya. Semakin kuat tekad dan usaha maka hasilnya akan lebih cepat terlihat.


Sumber :

http://www.kapsulpintar.com/2013/09/25/2309/cara-menjalankan-diet-ocd-ala-deddy-corbuzier.html


Opini :

Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan



Nama : Wiwik Dyah Kurniawati
NPM : 28210569
Kelas : 4 EB 20
Tulisan Ke-2



Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan


Sistem informasi akuntansi pada suatu organisasi memiliki dua subsistem utama : sistem akuntansi manajemen dan sistem akuntansi keuangan. Sistem informasi akuntansi adalah suatu subsistem dari system informasi manajemen perusahaan secara keseluruhan.



Sistem akuntansi manajemen yaitu penyatuan bagian manajemen yang mencakup, penyajian dan penafsiran informasi yang digunakan untuk perumusan strategi, aktivitas perencanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset guna menghasilkan informasi untuk pengguna internal, seperti manajer, eksekutif, dan pekerja.



Secara spesifik akuntansi manajemen mengidentifikasikan, mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasikan, dan melaporkan informasi, yang bermanfaat bagi pengguna internal dalam merencanakan, mengendalikan, dan membuat keputusan. Bagian integral dari manajemen yang berkaitan dengan proses identifikasi penyajian dan interpretasi/penafsiran atas informasi yang berguna untuk:

  • Merumuskan strategi.
  • Proses perencanaan dan pengendalian.
  • Pengambilan keputusan.
  • Optimalisasi keputusan.
  • Pengungkapan pemegang saham dan pihak luar.
  • Pengungkapan entitas organisasi bagi karyawan.
  • Perlindungan atas asset organisasi.

Sedangkan akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aktiva = Kewajiban + Modal).



Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham.

Hal penting dari akuntansi keuangan adalah adanya Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan didalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal. Dengan demikian, diharapkan pemakai dan penyusun laporan keuangan dapat berkomunikasi melalui laporan keuangan ini, sebab mereka menggunakan acuan yang sama yaitu SAK. SAK ini mulai diterapkan di Indonesia pada 1994, menggantikan Prinsip-prinsi Akuntansi Indonesia tahun 1984.



Perbandingan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan dapat diklasifikasikan dalam beberapa faktor:

1.   Pengguna

2.   Pembatasan pada masukan dan proses

3.   Jenis Informasi

4.   Orientasi Waktu

5.   Tingkat agregasi

6.   Keluasan



Sumber :




Opini :