Senin, 24 Desember 2012

Tugas Bahasa Indonesia 2 - ( Part 4 ) ( Kalimat Efektif dan Tidak Efektif )


Nama : Wiwik Dyah Kurniawati
NPM : 28210569
Kelas : 3EB20
Tugas Bahasa Indonesia 2 - ( Part 4 )

 Klimat Efektif dan Tidak Efektif

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulis yang memiliki sekurang-kurangnya subjek dan predikat. Bagi seorang pendengar atau pembaca, kalimat adalah kesatuan kata yang mengandung makna atau pikiran. Sedangkan bagi penutur atau penulis, kalimat adalah satu kesatuan pikiran atau makna yang diungkapkan dalam kesatuan kata.

Efektif mengandung pengertian tepat guna, artinya sesuatu akan berguna jika dipakai pada sasaran yang tepat. Pengertian edektif dalam kalimat adalah ketepatan penggunaan kalimat dan ragam bahasa tertentu dalam situasi kebahasaan tertentu pula.

Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis. Untuk itu penyampaian harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik, yaitu strukturnya benar, pilihan katanya tepat, hubungan antarbagiannya logis, dan ejaannya pun harus benar.

Beberapa definisi kalimat efektif menurut beberapa ahli bahasa:

1.Kalimat efektif adalah kalimat yang bukan hanya memenuhi syarat-syarat komunikatif, gramatikal, dan sintaksis saja, tetapi juga harus hidup, segar, mudah dipahami, serta sanggup menimbulkan daya khayal pada diri pembaca. (Rahayu: 2007)

2.Kalimat efektif adalah kalimat yang benar dan jelas sehingga dengan mudah dipahami orang lain secara tepat. (Akhadiah, Arsjad, dan Ridwan: 2001)

3.Kalimat efektif adalah kalimat yang memenuhi kriteria jelas, sesuai dengan kaidah, ringkas, dan enak dibaca. (Arifin: 1989)

  • ·         Contoh Kalimat Efektif dalam sebuah paragraf

 Indra baru saja mengikuti ujian tulis untuk masuk di Universitas Gunadarma . Tiga hari kemudian  dia mendapat kabar dari pihak Universitas Gunadarma bahwa ia telah diterima dan masuk di perguruan tinggi tersebut. Sebagai  Mahasiswa baru di Universitas Gunadarma Indra wajib memenuhi peraturan-peraturan yang telah di tetapkan  salah satunya ialah Semua mahasiswa perguruan tinggi ini harus membayar uang kuliah. Selain itu dia juga wajib mengikuti tata tertib selama perkuliahan di perguruan tinggi tersebut dan apabila dia melanggarnya Indra harus menerima konsekuensinya .

  • ·         Contoh Kalimat Tidak Efektif dalam sebuah paragraf

 Indra baru saja mengikuti ujian tulis untuk masuk di Universitas Gunadarma . Tiga hari kemudian  dia mendapat kabar dari pihak Universitas Gunadarma bahwa ia telah diterima dan masuk di perguruan tinggi tersebut. Sebagai  Mahasiswa baru di Universitas Gunadarma Indra wajib memenuhi peraturan-peraturan yang telah di tetapkan  salah satunya ialah Bagi semua mahasiswa perguruan tinggi ini harus membayar uang kuliah. Selain itu dia juga wajib mengikuti tata tertib selama perkuliahan di perguruan tinggi tersebut dan apabila dia melanggarnya Indra harus menerima konsekuensinya .

Sumber : http://binakubinamu.blogspot.com/2011/03/kalimat-efektif-kalimat-efektif-ialah.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar